Wednesday, April 23, 2014

Kloset

Tulisan ini dimulai dengan arti kloset menurut wikipedia adalah : http://id.wikipedia.org/wiki/Kloset , yang akan saya ceritakan adalah pengalaman menggunakan kloset itu sendiri. Sependek pengetahuan saya bahwa berdasarkan cara penggunaannya kloset terbagi atas 2 jenis yaitu ;

Kloset Duduk












dan

Kloset Jongkok




dari beberapa kali bekerja di institusi yang berbeda dengan lokasi atau gedung yang berbeda pula ternyata kloset yang digunakan juga berbeda. Bekerja diluar Jakarta seperti di Pontianak atau Ternate kloset yang digunakan sebagian besar adalah kloset jongkok sedangkan di Jakarta kloset yang digunakan adalah kloset duduk.

Pengalaman yang menarik yang saya alami adalah saat setelah beberapa tahun menggunakan kloset duduk dan kemudian karena pindah tempat kerja ternyata di kantor yang baru kloset yang digunakan adalah kloset jongkok, merasakan sensasi unik dimana saat berkantor di gedung yang megah dengan petugas cleaning service 'setiap saat' membersihkan kloset duduk maka begitu masuk ke toilet yang saya lakukan hanya tinggal menurunkan celana tanpa harus melepaskannya untuk kemudian melaksanakan 'hajat' saya tersebut.

Ritual yang berbeda saat harus menggunakan toilet jongkok di kantor, maka begitu masuk ke toilet yang dilakukan pertama kali adalah membuka sepatu untuk kemudian diikuti dengan membuka kaos kaki, agar tidak basah maka kaki yang telah ditanggalkan kaos kakinya dimasukkan kembali kedalam sepatu tindakan ini diikuti dengan membuka celana kerja serta celana dalam ritual tersebut harus dilakukan dengan sedikit berakrobat barulah kemudian saya dapat melaksanakan 'hajat'.

Berbeda ritual, beda tantangan dan beda keasyikan dalam melaksanakan 'hajat' dikarenakan perbedaan bentuk kloset membuat saya selalu menikmat saat-saat tersebut .


1 comment:

h said...

terima kasih atas informasinya sangat membantu sekali